Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pattimura (Unpatti) menggelar acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter baru Lulusan ke-25 Periode Juli 2022 pada Rabu, (27/07/2022) secara virtual melalui aplikasi zoom.

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan dilakukan kepada 4 orang Dokter yakni :

  1. dr. Stella Clarissa Siahaya
  2. dr. Heindy Jacob Khoe
  3. dr. Vonita Natalia Silahooy
  4. dr. Mi’Raj A.J. Hasanusi

Wakil Dekan Bidang Akademik FK Unpatti drg. Christiana R. Titaley, MIPH., Ph.D dalam laporannya mengatakan dengan penambahan dua belas dokter, maka jumlah dokter Unpatti saat ini telah bertambah menjadi 309 dokter. Lanjutnya, ke-4 dokter baru ini telah menjalani tahap Pre-Klinik dan profesi dokter. Tahap Kepanitraan Klinik telah berlangsung di sejumlah Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah Provinsi Maluku maupun Rumah Sakit dan Rumah Sakit Pendidikan di luar Maluku. Setelah menyelesaikan kepanitraan klinik, ke-4 dokter baru ini telah mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilakukan secara nasional, serentak diseluruh wilayah Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan lafal sumpah Dokter Indonesia dan Pelantikan Dokter baru oleh Dekan FK Unpatti, Dr. dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes. Para dokter baru ini kemudian diserahkan dari Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M.J. Saptenno, S.H., M.Hum kepada dr. M. Saleh Tualeka, S.PM., M. Kes selaku Ketua Organisasi Profesi yakni IDI Provinsi Maluku.

Dalam sambutannya, Dekan FK Unpatti mengingatkan para dokter baru ini bahwa Pengambilan Sumpah yang dilakukan merupakan awal perjalanan panjang sebagai seorang dokter dalam melaksanakan tugas pelayanan di tengah masyarakat, khususnya di Provinsi Maluku. “Oleh karena itu kalian tidak boleh main-main. Harus selalu mengikuti perkembangan zaman.” Dekan pun menambahkan bahwa kedepannya akan dilakukan transformasi pelayanan kesehatan secara menyeluruh oleh pemerintah. Sehingga semua stakeholders seperti pihak rumah sakit dan para dokter harus siap terhadap perubahan ini. Dekan juga mengharapkan agar para dokter baru ini bersedia melakukan tugas pelayanan di pelosok Maluku. Ini menjadi tanggung jawab bersama kepada daerah dan negara ini.

Sementara itu Rektor Universitas Pattimura mengingatkan para dokter untuk selalu berkomitmen pada sumpah yang dilafalkan karena itu bersifat mengikat. “Jadi jika ditempatkan di mana saja tidak boleh ada tawar menawar karena sumpah itu mengikat. Dan orang tua juga harus mengizinkan anak-anaknya untuk mengabdi kemana saja.” Rektor juga berharap agar para dokter selalu mengikuti perkembangan dinamika yang terjadi, baik dalam taraf lokal, nasional, maupun internasional agar tidak tertinggal. Rektor pun tak lupa mengucapkan selamat kepada para dokter baru ini dan ucapan terima kasih kepada orang tua yang telah mendukung selama proses pendidikan.

Acara diakhiri dengan doa oleh rohaniawan Islam dan Kristen Protestan.

Selamat kepada para dokter yang baru dilantik!

 

 

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

Profil Universitas Pattimura 1

Profil Universitas Pattimura 2

Our Visitor

0 4 0 4 7 7
Users Today : 25
Users Yesterday : 66
Users Last 7 days : 386
Users Last 30 days : 2128
Users This Month : 1053
Users This Year : 6123
Total Users : 40477
Views Today : 59
Views Yesterday : 89
Views Last 7 days : 651
Views Last 30 days : 3883
Views This Month : 1881
Views This Year : 11044
Total views : 84256
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.133.160.156
Server Time : 2024-04-18