Ikrar Janji Dokter Muda Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pattimura (Unpatti) kembali digelar secara online melalui aplikasi Zoom pada Selasa (23/08/2022). Sebanyak 20 Dokter Muda mengucapkan Ikrar Janji yang terdiri dari 11 butir dan harus dihayati serta diaplikasikan saat mereka melaksanakan praktik atau koas di beberapa rumah sakit dan pusat pelayanan kesehatan di Kota Ambon nanti.

Setelah pembacaan Ikrar, selanjutnya para Dokter Muda diserahkan oleh Dekan FK Unpatti, Dr. dr. Bertha J. Que, Sp.S., M.Kes  kepada pihak RSUD dr. Haulussy Ambon yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Direktur Bidang Pelayanan dan Keperawatan, dr. Iznih Maricar.

Dekan FK Unpatti dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para Dokter Muda yang akan memasuki dengan dunia kedokteran yang sebenarnya. “Kamu akan berhadapan dengan pasien yang sebenarnya dengan berbagai macam kompleksitas yang tidak bisa diatur dan disetting. Inilah dunia pendidikan kedokteran yang sesungguhnya.” Untuk itu Dekan mengharapkan agar dalam menjalani Prodi Profesi Dokter ini, para dokter muda ini selalu proaktif. Harus proaktif menulis, menganalisa dan belajar dari para pembimbing (dokter Spesialis). Dekan juga berharap agar para dokter muda ini cepat beradaptasi di tempat dimana saja mereka ditempatkan selama koas ini.

Sementara itu Wakil Direktur Bidang Pelayanan dan Keperawatan, dr. Iznih Maricar yang mewakili Direktur RSUD dalam sambutannya mengingatkan para dokter muda agar mampu melakukan perubahan. “Menjadi dokter kedepannya saudara dituntut untuk melakukan perubahan-perubahan dari sebelumnya. Antara lain perubahan penampilan, perubahan kedewasaan atau kematangan dalam menghadapi masalah, perubahan  pergerakan yaitu memiliki mobilitas yang tinggi dan jaringan yang luas, dan perubahan fokus yaitu memiliki fokus atau visi kedepan yang lebih baik.” Ditambahkan dr. Maricar, di era ini dokter muda dituntut menjadi profesional, mengembangkan dan meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan dalam bidang kedokteran serta peka terhadap permasalahan yang ada didalam masyarakat.

Rangkaian acara Ikrar Janji Dokter Muda ini diakhiri dengan Doa oleh rohaniawan Islam, Kristen dan Katolik.

Selamat kepada para dokter muda. Selamat menempuh koas.

 

 

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

Profil Universitas Pattimura 1

Profil Universitas Pattimura 2

Our Visitor

0 4 0 8 3 7
Users Today : 65
Users Yesterday : 59
Users Last 7 days : 437
Users Last 30 days : 1723
Users This Month : 1413
Users This Year : 6483
Total Users : 40837
Views Today : 103
Views Yesterday : 119
Views Last 7 days : 735
Views Last 30 days : 3104
Views This Month : 2475
Views This Year : 11638
Total views : 84850
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.145.130.31
Server Time : 2024-04-26