Sebanyak Lima belas dokter baru mengambil sumpah dokter dan dilantik pada Kamis, (09/02/2023) setelah menyelesaikan masa studi di Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti). Pengambilan Sumpah Dokter dan pelantikan yang diselenggarakan di Auditorium Lantai 3 FK Unpatti dipandu oleh Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes. dan disaksikan para pemuka agama yang disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing dokter baru.

Setelah mengucapkan sumpah dan resmi menjadi seorang dokter baru, para dokter baru diserahkan kepada organisasi profesi yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang diterima langsung oleh Ketua IDI Wilayah Maluku, dr. Saleh Tualeka.

Para dokter baru pun tidak lupa menunjukan rasa terima kasih mereka kepada orang tua masing-masing. Momen ini diisi dengan pemberian bunga pada orang tua.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M.J. Saptenno, S.H., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat pada para dokter baru dan berharap keikhlasan para orang tua untuk melepas anak-anaknya jika harus ditempatkan di pelosok Maluku, “Dokter lulusan Universitas Pattimura diharapkan bisa mengisi kekosongan di berbagai fasilitas kesehatan di seluruh wilayah Maluku. Oleh sebab itu orang tua harus ikhlas agar para dokter ini bisa mengabdi bagi kepentingan masyarakat Maluku.”

Sementara itu, Fenska Soumeru, salah satu dokter yang diambil janjinya dalam sambutannya mengatakan, “Perjalanan yang dapat dilalui ini, tidak terlepas dari dukungan orang-orang baik yang selalu ada dan tidak henti-hentinya memberikan motivasi, semangat, nasehat dan Doa atas proses yang kami jalani. Kami juga mengucapkan terima kasih pada diri kami sendiri atas perjuangan yang kami lewati sampai hari ini. Bahwa pilihan-pilihan yang kami buat, sulit atau mudah, itu menjadikan kami sebagai Dokter”. Soumeru mengajak para dokter yang baru diambil sumpah dan dilantik ini untuk melaksanakan tanggung jawab sebagai insan kesehatan dan kemanusiaan dengan sebaik-baiknya. “Untuk itu para rekan sejawat dokter baru, mari kita bersama tunjukkan bahwa kita mampu bekerja, kita mampu berbakti, dan mengabdi dengan sepenuh hati,” lanjutnya.

Acara turut dihadiri Sekertaris Daerah Provinsi Maluku,  Ir. Sadali Ie, M.Si,  yang mewakili Gubernur Maluku, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

Profil Universitas Pattimura 1

Profil Universitas Pattimura 2

Our Visitor

0 4 0 5 6 9
Users Today : 67
Users Yesterday : 43
Users Last 7 days : 238
Users Last 30 days : 1913
Users This Month : 1145
Users This Year : 6215
Total Users : 40569
Views Today : 97
Views Yesterday : 70
Views Last 7 days : 404
Views Last 30 days : 3422
Views This Month : 2035
Views This Year : 11198
Total views : 84410
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.235.172.123
Server Time : 2024-04-22