UNPATTI,- Rencana pembukaan Program Studi Kedokteran Gigi pada Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura sementara dipersiapkan, hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. dr. Bertha J. Que, Sp.S., M.Kes saat wawancara di ruang kerjanya, Rabu (17/2).

Hal yang melatarbelakangi pembukaan prodi ini adalah kurangnya tenaga dokter gigi pada pusat-pusat kesehatan masyarakat yang tersebar di kabupaten/kota di Maluku. dr Bertha mengatakan “Ada kurang lebih 226 puskesmas di Maluku, untuk tenaga dokter umum sudah hampir memenuhi kuota akan tetapi ketersediaan dokter gigi masih sangat rendah, hanya 41 Puskesmas yang ada dokter gigi, ini menjadi keprihatinan tersendiri, padahal Maluku membutuhkan tenaga dokter gigi yang bisa disebarkan di pulau-pulau di Maluku”.

Lanjut dikatakan “Sebenarnya rencana ini telah digagas dari tahun 2020, namun ada persyaratan untuk pendirian program studi yang belum dapat dipenuhi, maka kami berupaya agar ditahun 2021 ini dapat terealisasi.  “Untuk pendirian prodi kedokteran gigi, diperlukan beberapa persyaratan satu diantaranya adalah adanya lima orang dokter gigi spesialis atau minimal S2 yang independen dan tidak terikat dengan instansi manapun, yang nantinya akan menjadi dosen tetap. FK Unpatti juga telah melakukan koordinasi dengan Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Ambon, drg. Wendy Pelupessy, M.Kes,  dan beberapa dokter gigi senior sehingga saat ini telah ada 5 orang dokter sesuai persyaratan sehingga Fakultas Kedokteran Unpatti akan segera membuat borang dan diusulkan kepada kementerian untuk pembukaan prodi ini.

Koordinasi terus dilakukan dengan Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin Makassar beserta tim dan mereka sangat memberi dukungan sekaligus akan menjadi mitra terhadap proses pembukaan prodi ini. Hal ini juga sebagai implementasi dari kerjasama dan MoU yang telah ditandatangani oleh Rektor Unhas dan Unpatti selama ini. “Perjanjian Kerjasama akan segera kita lakukan untuk kemitraan dengan FKG Unhas dan akan dilakukan penyusunan borang dan pembentukan TIM pembukaan Prodi” ujar dr Bertha.

Rektor Univesitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum sangat mendukung rencana ini dan bersama Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Dr Muspida, M.Si, telah melakukan pertemuan awal  dengan  Dekan FKG UNHAS, drg. Muh. Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K), dalam upaya persiapan pembukaan prodi kedokteran gigi di Universitas Pattimura. Rektor juga berharap agar pembukaan Prodi Kedokteran Gigi Unpatti bisa terealisasi dan menerima mahasiswa baru di tahun ajaran 2021/2022.

Dekan juga berharap, agar dengan dibukanya prodi kedokteran gigi, anak-anak Maluku mempunyai banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, bukan hanya memilih menjadi dokter umum tetapi juga bisa memilih menjadi dokter gigi, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata bagi pemerintah dimana tempat-tempat pelayanan kesehatan mempunyai dokter gigi yang dapat membantu masyarakat.

FK Unpatti berencana juga membuka Prodi kesehatan masyarakat, yang dirasa penting kehadirannya apalagi pada masa pandemi.

Sukses FK untuk rencana pembukaan Program Studi baru.

 

 

 

 

 

 

 

 

Source : https://www.unpatti.ac.id/

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *