UNPATTI,- Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura  menyelenggarakan  Sosialisasi Penggunaan Platform Telemedicine  Berbasis Faskes (Fasilitas Kesehatan) kepada para dokter se-Maluku, yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (11/2).

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, Dr. dr. Bertha J. Que, Sp.S., M.Kes saat membuka sosialisasi ini mengatakan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura dengan visi – mampu menjadi pusat pengembangan pendidikan Dokter yang mempunyai oreientasi Lingkungan Laut Pulau tahun 2020. Ditahun 2021, untuk mendukung visi itu, pengembangan Fakultas Kedokteran akan berorientasi pada pemanfaatan IT. Telemedicine adalah bagian dari upaya layanan unggulan Fakultas Kedokteran Unpatti yang didukung oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum.

Universitas Pattimura melalui Fakultas kedokteran mengembangkan Platform Telemedicine berbasis faskes agar para dokter umum yang tersebar di daerah kepulauan terutama di Maluku bisa melakukan sistem rujukan sehingga memudahkan para pasien yang memilih untuk tetap tinggal dan melakukan perawatan didaerahnya tanpa harus dirujuk keluar daerah, dengan demikian telemedicine menghadirkan para konsulen untuk membantu kebutuhan para dokter umum yang ada di daerah kepulauan, tutur Dr. Bertha.

Lanjut dikatakan Tim Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura dalam mengembangkan platform telemedicine  pada tahap awal akan menetapkan empat gugus pulau dengan jangkauan internet yang baik, disamping itu juga akan dibangun komunikasi dengan pimpinan–pimpinan daerah di kabupatan/kota se-Maluku untuk dapat memfasilitasi ketersediaan jaringan telekomunikasi untuk memperlancar pelayanan kesehatan di daerahnya, Dr. Berhta berharap untuk sosialisasi dihari ini dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.

Sosialisasi Penggunaan Platform Telemedicine Berbasis Fakses disampaikan oleh dr. Angeline Hamdani dan dr. Marco Lumalessil.

Platfrom Telemedicine Berbasis Faskes dapat digunakan melalui link

https://id.docquityclinic.com/myclinic/LangsungSehat

Sukses Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura.

Source : https://www.unpatti.ac.id/2021/02/fakultas-kedokteran-sosialisasikan-penggunaan-platfrom-telemedicine/

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *