Dalam rangka Dies Natalis Universitas Pattimura ke-58, dilakukan serangkaian kegiatan pada tanggal 20 April hingga berakhirnya pada tanggal 23 April 2021. Rangkaian perayaan dies natalis Universitas Pattimura ke 58 diakhiri dengan webinar yang dilaksanakan pada tanggal 23 April 2021 secara daring dengan tema “Overcoming Challenges In The Archipelago During The Covid-19 Pandemic”. Webinar dimulai pada pukul 10.00 WIT dan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum.

    

Hadir pula secara daring Bapak Mentri Kesehatan Republik Indonesia, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. yang memberikan penjelasan awal mengenai situasi terkini pandemi Covid-19, dan dimodetarori langsung oleh Dekan FK UNPATTI, Dr. dr. Bertha J. Que, Sp.S., M.Kes. Diakhir penyampaian materinya, beliau menegaskan kembali terkait protokol kesehatan yang harus terus dijalankan dan juga penyebaran informasi edukatif terkait vaksin Covid-19.

Pada webinar sesi 1, akan dimoderatori oleh dr. Ony W. Angkejaya, Sp.An dan dimulai dengan penyampaian materi oleh Prof. Dr. Ir. Marcus Tukan, BSE., MT. sebagai pemateri pertama dengan judul materi, “Perlunya Design Masker COVID-19 Yang Memenuhi Pesyaratan Dalam Pelayaran”. Beliau mengharapkan kedepannya akan ada program kerjasama lintas fakultas untuk memproduksi masker atas nama Universitas Pattimura.

Pembicara selanjutnya adalah dr. Agus Harianto, Sp.B. yang merupakan direktur RS Terapung Ksatria Airlangga, membawakan materi dengan judul, “Practices Strategic In Bringing The Solution For Community Health And Happiness In Small Islands”. dr.Agus merupakan salah satu dari pelopor mata kuliah dokter pulau pada Fakultas Kedokteran UNPATTI, yang hingga kini menjadi ciri khas dari FK UNPATTI.

Pada webinar sesi 2 yang dimoderatori oleh Dr. rer.nat Gino V. Limmon, M.Sc, terdapat 3 pembicara yang berasal dari benua Eropa. Pembicara pertama adalah Dr. Ilona Denisko, MD., MMH, yang membawakan materi dengan topik, “Research in Maritime Medicine”. Pembicara kedua adalah Prof. apl. Dr. Ralph O. Schill, president scientific committee of world underwater federation, dengan materi “Scientific Diving And Exploring The Diversity Of The Marine Environment Of The Moluccas For New Marine-Derived Compounds”. Pembicara ketiga adalah Prof. Dr. Bente Klarlund Pedersen, MD. Dengan judul materi, “How To Stay Healthy During The Pandemic”.

Selain webinar, adapula booth daring beberapa fakultas yang digunakan untuk menunjukan visi, misi, video profi, dan fasilitas-fasilitas unggulan yang dimiliki oleh tiap-tiap fakultas. Fakultas yang bergabung pada booth daring diantaranya, fakultas hukum, MIPA, ekonomi dan bisnis, perikanan dan ilmu kelautan, teknik, pertanian, keguruan dan ilmi pendidikan, kedokteran, dan Universitas Pattimura pascasarjana.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *