Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pattimura (Unpatti) menggelar acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter baru Lulusan ke-24 Periode April 2022 pada Rabu, (06/04/2022) secara virtual melalui aplikasi zoom.

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan dilakukan kepada :

  1. dr. Helmy F. Lesnussa, S.Ked
  2. dr. Esti Yunita S. Masbait, S.Ked
  3. dr. Priskilla L. Belseran, S.Ked
  4. dr. Almindo Rafki, S.Ked
  5. dr. Gabriela G. Thenu, S.Ked
  6. dr. Marsya Y. Loppies, S.Ked
  7. dr. Monika Subaeda, S.Ked
  8. dr. Fitri W. Lestari, S.Ked
  9. dr. Achmad K. U. Sahupala, S.Ked
  10. dr. Natasya Fitri S.Ked
  11. dr. Muh. Reza Ramadhany, S.Ked
  12. dr. Irin N. Hasanusi, S.Ked

Wakil Dekan Bidang Akademik FK Unpatti drg. Christiana R. Titaley, MIPH., Ph.D dalam laporannya mengatakan dengan penambahan dua belas dokter, maka jumlah dokter Unpatti saat ini telah bertambah menjadi 305 dokter. Lanjutnya, kedua belas dokter baru ini telah menjalani tahap Pre-Klinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun.Tahap Kepanitraan Klinik telah berlangsung di sejumlah Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah Provinsi Maluku maupun Rumah Sakit dan Rumah Sakit Pendidikan di luar Maluku.Setelah menyelesaikan kepanitraan klinik, kedua belas dokter baru ini telah mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilakukan secara nasional, serentak diseluruh wilayah Indonesia. Ujian Kompetensi ini merupakan exit exam dalam menentukan kelulusan dan kompetensi mereka untuk memperoleh gelar dokter.Tingkat kelulusan oleh Angkatan ini mencapai tingkat kelulusan yang baik yakni 79 %. Secara total, sejak kelulusan pertama, total kelulusan first taker FK Unpatti adalah 78%. Ini adalah presentase kelulusan yang baik, terutama dikawasan Indonesia Timur meski ditengah hadangan Covid 19.

Acara dilanjutkan dengan lafal sumpah Dokter Indonesia dan Pelantikan Dokter baru oleh Dekan FK Unpatti, Dr. dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes terhadap kedua belas dokter baru tersebut. Para dokter baru ini kemudian diserahkan kepada Organisasi Profesi yakni IDI Provinsi Maluku.

Mewakili kedua belas orang Dokter yang baru dilantik dr. Helmy F. Lesnussa menyampaikan terima kasihnya kepada Dekan Fakultas Kedokteran bersama jajaran dan dosen yang selama ini sudah menerima, mendidik serta membimbing mereka untuk bisa sampai ke titik sekarang ini.

Dalam sambutannya, Dekan FK Unpatti mengingatkan para dokter baru untuk terus belajar karena ilmu terus berkembang. Dekan pun menginformasikan bahwa telah dilakukan pertemuan dengan Kemendikbud Ristek dan Kemenkes pada 28 Maret lalu tentang kebijakan peningkatan kuota Pendidikan Dokter dan Spesialis. Yang menjadi prioritas sekarang adalah Spesialis jantung pembuluh darah, spesialis bedah thorax, spesialis saraf, spesialis radiologi dan spesialis anestesi. Semua ini dalam rangka peningkatan mutu untuk mengurangi jumlah orang Indonesia yang berobat ke luar negeri dan guna menambah jumlah dokter spesialis di Indonesia. “Silakan pergi jauh. Jangan di dalam kota. Karena pemerintah akan memprioritaskan dokter-dokter yang melayani terutama di daerah 3T. Dokter yang pernah melayani di daerah 3T akan mendapat poin untuk mudah diterima di bidang-bidang spesialisasi yang saat ini dibuka luas oleh pemerintah. Jadi melayani lah sejauh mungkin karena pasti ada reward nya yakni kemudahan untuk memasuki dunia Pendidikan. Pergilah sampai ke pelosok karena untuk itulah kamu dipersiapkan untuk menjadi dokter pulau.” Demikian disampaikan Dekan.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada dokter baru dan berharap agar para dokter baru yang telah dilantik ini dapat berkomitmen untuk selalu bekerja keras melaksanakan tugas dimana saja dan kapan saja tanpa pandang bulu.Rektor juga merasa bangga dan mengapresiasi Fakultas Kedokteran Unpatti yang masih ada di ranking baik di Indonesia dan berharap bisa mendapat nilai unggul di Bulan Agustus nanti. “Hal ini akan menjadi hal yang positif bagi pengembangan FK Unpatti kedepan.” Ditambahkan Rektor, “Karena Fakultas Kedokteran Unpatti itu unik dan berbeda dari yang lain, maka saat ini saya sementara membangun kerjasama dengan Korea Selatan. Mudah-mudahan dengan kerjasama ini kita juga bisa tukar informasi dan tenaga, termasuk mendatangkan tenaga dari Korea Selatan untuk bisa mengajar di Unpatti khususnya Fakultas Kedokteran. Ini penting untuk dilakukan karena Korea Selatan pun maju dalam dunia kedokteran. Dan tidak menutup kemungkinan bagi lulusan kita untuk studi lanjut Spesialis, S2 maupun S3 di Korea Selatan.”

Pada Kesempatan ini, Gubernur Maluku yang diwakili oleh Asisten 1 Setda Maluku, Semuel Huwae mengawali sambutannya dengan menyampaikan ucapan selamat kepada para dokter baru yang telah mengangkat sumpah dan dilantik beserta para orang tua yang turut berbahagia di momen penting ini. Atas nama pemerintah daerah, Gubernur juga mengapresiasi Rektor Unpatti, Dekan dan seluruh civitas akademika FK Unpatti yang telah membimbing dan mendidik para mahasiswa kedokteran hingga mereka dapat menyelesaikan pendidikannya.Dalam sambutannya, Gubernur mengingatkan bahwa tantangan pembangunan bidang Kesehatan di Provinsi Maluku sangatlah kompleks. Terbatasnya akses transportasi, informasi dan komunikasi antar wilayah telah menyebabkan banyak dokter yang enggan mengabdikan dirinya di Kawasan pulau-pulau di daerah Maluku. Dengan demikian Gubernur berharap kepada para dokter baru agar dapat menyiapkan dirinya lalu bisa mengabdikan seluruh potensi yang dimiliki untuk pembangunan Maluku di hari esok dengan tulus dan ikhlas.

Acara diakhiri dengan doa oleh rohaniawan Islam dan Kristen Protestan.

Selamat kepada para dokter yang baru dilantik!

 

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Search

Profil Universitas Pattimura 1

Profil Universitas Pattimura 2

Our Visitor

0 0 5 4 4 5
Users Today : 155
Users Yesterday : 73
Users Last 7 days : 1264
Users Last 30 days : 3579
Users This Month : 1345
Users This Year : 5444
Total Users : 5445
Views Today : 503
Views Yesterday : 150
Views Last 7 days : 3920
Views Last 30 days : 9371
Views This Month : 4123
Views This Year : 14153
Total views : 14154
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.239.4.127
Server Time : 2022-08-08